Beranda | Artikel
Perbuatan Dosa
Selasa, 25 September 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Perbuatan Dosa merupakan rekaman kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah TaslimM.A. dalam pembahasan Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 27 Dzul Qa’idah 1439 H / 09 Agustus 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Status program kajian kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Kamis pagi, pukul 07:00 - 08:00 WIB.

Download juga kajian sebelumnya: Muqadimah Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Kajian Islam Ilmiah Tentang Perbuatan Dosa – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Kebalikan dari kebaikan adalah dosa. Kita bisa melihat penjelasan tentang kata ini, disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَعَنْ وَابِصَةَ بْنِ مَعْبَدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ؛ قَالَ : أَتَيْتُ رَسُوْلَ اللّٰـهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : جِئْتَ تَسْأَلُ عَنِ الْبِرِّ وَاْلإِثْمِ ؟ قُلْتُ : نَعَمْ ، قَالَ : اِسْتَفْتِ قَلْبَكَ ، اَلْبِرُّ مَا اطْمَأَنَّتْ إِلَيْهِ النَّفْسُ ، وَاطْمَأَنَّ إِلَيْهِ الْقَلْبُ ، وَاْلإِ ثْمُ مَا حَاكَ فِـيْ النَّفْسِ ، وَتَرَدَّدَ فِـي الصَّدْرِ ، وَإِنْ أَفْتَاكَ النَّاسُ وَأَفْتَوْكَ قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ ، رَوَيْنَاهُ فِـيْ مُسْنَدَي اِلإَمَامَيْنِ أَحْمَدَ وَالدَّارِمِيِّ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ

Dan dari Wabishah bin Ma’bad radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam , maka beliau bersabda, ‘Engkau datang untuk bertanya tentang kebajikan dan dosa?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Beliau bersabda, ‘Mintalah fatwa kepada hatimu. Kebaikan ialah apa yang membuat tenteram jiwa dan hatimu dan dosa ialah apa saja yang mengoncangkan di jiwa dan meragukan di dada, kendati manusia berfatwa kepadamu.‘” (HR. Ahmad)

Faidah penting bahwa Allah dengan limpahan rahmatNya, memudahkan manusia dalam kebaikan dan menjadikan hati menolak keburukan. Sesuatu yang menangkan tentu disukai dan seseorang akan melakukannya dengan tenang sehingga dia akan mudah dalam melakukannya. Sedangkan dosa adalah sesuatu yang memberatkan hati. Jadi hukum asalnya bahwa seseorang tidak akan tenang ketika melakukan dosa.

Oleh karena itu setiap orang yang beriman akan memiliki semangat utuk berbuat kebaikan. Sebaliknya, ketika kotoran telah menutupi hatinya, maka itu juga akan menutupi fitrah asalnya yang selalu mencintai kebaikan dan ragu serta berat kepada keburukan.

Ibnul Qayyim menyimpulkan bahwa makna dosa adalah satu kata yang meliputi semua keburukan dan celaan yang menjadi sebab seorang hamba dicela ketika melakukannya.

Simak Kajian Lengkapnya, Download dan Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Perbuatan Dosa – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44733-perbuatan-dosa/